Selasa, 18 Juni 2024

Bidang Akuntansi

Bidang Akuntansi

Bidang Akuntansi

Fungsi dan Tanggung Jawab:

  1. Penyusunan Laporan Keuangan: Bertanggung jawab atas penyusunan laporan keuangan daerah, termasuk neraca, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

  2. Pencatatan Transaksi Keuangan: Mencatat semua transaksi keuangan daerah dengan akurat dan sesuai dengan prinsip akuntansi, termasuk pencatatan pendapatan, pengeluaran, dan investasi.

  3. Audit Internal: Melakukan audit internal atas transaksi keuangan daerah untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan prosedur yang berlaku.

  4. Perencanaan Anggaran: Berpartisipasi dalam perencanaan anggaran daerah, termasuk memberikan data dan analisis keuangan yang diperlukan untuk penyusunan APBD.

  5. Pengendalian Keuangan: Melakukan pengendalian internal terhadap proses keuangan daerah, termasuk mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian internal.

  6. Pelaporan Keuangan: Menyusun dan menyampaikan laporan keuangan daerah kepada pihak-pihak terkait, termasuk pemangku kepentingan eksternal.

  7. Pengawasan Kepatuhan Perpajakan: Memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan daerah dan melaksanakan pelaporan yang diperlukan kepada instansi pajak.

  8. Analisis Keuangan: Melakukan analisis keuangan untuk mendukung pengambilan keputusan oleh pimpinan BPKAD dan pemerintah Kota Samarinda.

  9. Penyediaan Informasi Keuangan: Memberikan informasi keuangan yang akurat dan relevan kepada pihak-pihak yang memerlukannya, termasuk pemangku kepentingan internal dan eksternal.

  10. Koordinasi dengan Auditor Eksternal: Berkoordinasi dengan auditor eksternal yang bertanggung jawab untuk pemeriksaan eksternal dan audit laporan keuangan daerah.

  11. Kepatuhan Standar Akuntansi: Memastikan kepatuhan terhadap standar akuntansi pemerintahan yang berlaku dalam penyusunan laporan keuangan.

  12. Pelatihan dan Pengembangan: Melakukan pelatihan dan pengembangan bagi staf akuntansi untuk meningkatkan kompetensi dalam manajemen akuntansi pemerintahan.

Denah Kantor

Kepala Bidang Bidang Akuntansi

CAHYA ERNAWAN, Ak, M.SI

NIP

-

Agama

Islam

Status PNS

Aktif

Pendidikan Terakhir

-

Pendidikan Struktural terakhir

-