10 OPD Pemkot Samarinda Dapat Penghargaan BPKAD

BERITAKALTIM.CO - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Samarinda menyelenggarakan kegiatan Belajar Bersama Akutansi Keuangan Daerah di Ruang Rapat Utama Kantor Balai Kota Samarinda. Kamis (5/11/2020).

Kegiatan ini juga sekaligus memberikan penghargaan kepada 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda dalam hal penghargaan penyelesaian laporan keuangan tahun anggaran 2019 karena berhasil menyelesaikan laporan keuangan tahun anggaran 2019 paling awal.

Adapun 10 OPD peraih penghargaan tersebut diantaranya DPMPTSP, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Satpo PP, Disnaker, Dinas Kebudayaan, Kecamatan Samarinda Ulu, Kecamatan Samarinda Seberang dan Kecamatan Samarinda Ilir.

Dalam kesempatan ini, Seketaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin menyerahkan langsung piagam penghargaan. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan inovasi yang positif dan sangat bagus dilaksanakan oleh BPKAD Samarinda, karena dari tahun ke tahun semakin baik laporan keuangan kota Samarinda.

“Bisa kita lihat dari keberhasilan Pemerintah Kota Samarinda yang telah mendapatkan enam kali berturut-turut WTP. Ini semua tidak mungkin dilakukan oleh BPKAD semua, tetapi dilakukan oleh semua stokeholder yang ada di Pemerintahan Kota Samarinda, khususnya yang mempunyai tugas dibidang keuangan,” urai Sugeng.

Selain itu, Sugeng juga mengingatkan kepada semua peserta agar bisa secara seksama menyimak dengan baik dan merekam semua materi yang diberikan oleh Narasumber.

Harapannya, setelah kegiatan ini peserta dapat meningkatkan kualitas laporan serta agar dapat terus mempertahankan standar Opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) menuju pengelolaan keuangan daerah yang sehat dan akuntabel.

Ia juga menekankan laporan keuangan yang berkualitas tidak hanya menjadi tanggung jawab BPKAD semata, melainkan suruh OPD harus bekerja dengan maksimal dan mengembangkan kualitas laporan.

“Semoga penghargaan WTP enam kali berturut-turut yang telah kita capai, mampu memberikan semangat bagi kita untuk terus memberikan pengabdian terbaik dan mempercepat kemajuan pembangunan,” tutupnya

Baca Juga

Jl. Dahlia, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75242

+62541 743450

bpkad@samarindakota.go.id