Tugas Pokok dan Fungsi

Sekretariat


(1) Bagian Umum mempunyai tugas menyiapkan fasilitas rapat, pengadaan dan pemeliharaan barang inventaris, mengurus rumah tangga Dewan, tata usaha kepegawaian, surat menyurat, penyusunan dan pengendalian rencana program kerja memelihara kebersihan, keamanan dan ketertiban kantor serta pengurusan Sumber Daya Manusia Dewan dan Setwan.
(2) Bagian Umum dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang dalam menyelenggarakan kegiatan kedinasannya berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dewan.
(3) Bagian Umum membawahkan sub bagian yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bagian.

Untuk melaksanakan tugasnya, Bagian Umum menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan bagian umum;
  2. Pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi penyelenggaraan tugas bagian umum;
  3. penyelenggaraan kegiatan ketatausahaan dewan dan Sekretaris Dewan;
  4. pengurusan administrasi kepegawaian, pembinaan dan pengembangan kemampuan pegawai;
  5. perencanaan, pengadaan/pengurusan peralatan untuk keperluan dewan dan Setwan;
  6. pengurusan barang inventaris dewan dan Setwan;
  7. penyelenggaraan Urusan Rumah Tangga dewan dan Setwan;
  8. pengurusan, perencanaan Sumber Daya Manusia dewan dan Setwan;
  9. penyelenggaraan keamanan dan ketertiban Kantor DPRD;
  10. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  11. pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  12. Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sub Bagian Adminisrasi Umum mempunyai tugas:

  1. menyusun dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan bagian umum;
  2. melaksanakan ketatausahaan surat menyurat Setwan;
  3. menyelenggarakan administrasi pengumpulan dan pengolahan data pegawai;
  4. melaksanakan administrasi pembinaan disiplin dan kesejahteraan pegawai;
  5. mengelola administrasi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, mutasi pegawai, cuti, DUK, DP3, pensiun dan lainnya yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian;
  6. menyelenggarakan administrasi peningkatan pengembangan SDM pegawai;
  7. melaksanakan administrasi umum yang berkaitan kegiatan Setwan;
  8. mengumpulkan, menyusun pelaporan kegiatan pada Sub Bagian Administrasi Umum;
  9. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  10. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  11. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sub Bagian Perencanaan Program mempunyai tugas :

  1. menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
  2. merencanakan, mempersiapkan dan menyusun program SDM DPRD dan Setwan.
  3. menghimpun dan menyeleksi rencana kegiatan SDM.
  4. mengkoordinasikan rencana kegiatan SDM.
  5. melaksanakan pembuatan laporan hasil kegiatan SDM.
  6. memberikan saran dan merpertimbangkan baik secara lisan maupun tertulis sesuai dengan bidang tugasnya.
  7. menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;
  8. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  9. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sub Bagian Urusan Dalam mempunyai tugas:

  1. menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
  2. merpersiapkan, mengadakan dan mengurus pengadaan peralatan untuk keperluan Dewan dan Setwan;
  3. mempersiapkan, merencanakan, mengadakan perlengkapan yang dibutuhkan Dewan dan Setwan;
  4. memelihara dan merawat bangunan gedung Dewan, rumah jabatan pimpinan Dewan berikut perlengkapan;
  5. memelihara dan merawat kendaraan dinas operasional Dewan dan Setwan serta barang inventaris lainnya;
  6. menyusun laporan pengadaan dan perawatan barang, pencatatan data barang dan perlengkapan;
  7. menyelenggarakan percetakan naskah, undangan yang di perlukan Dewan dan Setwan;
  8. menginventarisasikan, menyimpan dan memelihara barang-barang bergerak dan tidak bergerak milik Dewan dan Setwan;
  9. mencatat dan melaporkan mutasi Perlengkapan Dewan dan Setwan;
  10. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik lisan maupun tertulis sesuai dengan bidang tugasnya;
  11. menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;
  12. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  13. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.